4.28.2009

Berbagai macam jenis flu

o banyak banget yah sekarang penyakit yang aneh aneh??

Dulu pas gue maci kecil tu yang namanya flu cuma atu duant. Pilegh....yang menyebabkan ingus keluar dengan derasnya tanpa di sengaja.

Tapi di era komputer jaman sekarang malah berkembang bermacam macam penyakit yang mematikan.

Beberapa taun kemaren maci gempar gemparnya virus H5N1 atau juga bisa di sebut Avian Influenza (flu burung). Nah lo, ati ati tu para laki laki yang pada punya burung. Hmmm......maksud gue punya peliharaan burung loh. Jangan mikir yang iya iya ah. Hehheheh....

Mengenai Flu burung ni mang udah populer banget di Indonesia. Perkembangannya pun cukup cepat. Yah karena mang di negara kita banyak banget orang yang ternak unggas. Baik tu yang gede, maupun yang cuma beberapa di blakang pekarangan rumah. Dan virus ni mang tumbuh subur di kandang unggas yang kotor. Makanya lingkungan kandang musti di bersihin.
Awal wabah pada peternakan di dunia yang telah dikonfirmasi sejak Desember 2003.
Wabah flu burung juga melanda benua Afrika. Pada 8 Februari 2006, OIE mengumumkan Nigeria sebagai negara pertama yang memiliki kasus positif flu burung di benua itu. Dua pekan kemudian, virus H5N1 ditemukan di sebuah desa kecil di Niger, sekitar 72 km dari perbatasannya dengan Nigeria. Virus ini juga menyebar ke Mesir dan Kamerun.

Gejala umum yang dapat terjadi adalah demam tinggi, keluhan pernafasan dan (mungkin) perut. Makanya, kalo kalian nemu unggas yang mati mendadak, langsung aja tu lapor. Dan musnahin semua unggas yang ada di sekitarnya. Cegah penularannya dengan mencuci tangan.

Ada lagi jenis flu yang namanya flu singapore Atau Hand Foot Mouth Disease (HFMD).atau dalam bahasa Indonesia Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (PTKM).PTKM ini adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae (Pico, Spanyol = kecil ), Genus Enterovirus ( non Polio ). Genus yang lain adalah Rhinovirus, Cardiovirus, Apthovirus. Di dalam Genus enterovirus terdiri dari Coxsackie A virus, Coxsackie B virus, Echovirus dan Enterovirus.
Penyebab PTKM yang paling sering pada pasien rawat jalan adalah Coxsackie A16, sedangkan yang sering memerlukan perawatan karena keadaannya lebih berat atau ada komplikasi sampai meninggal adalah Enterovirus 71. Berbagai enterovirus dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Di Indonesia sendiri kayaknya blund ada yang terjangkit. Dan pemerintah juga brusaha mencegah terjangkitnya flu ini dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh. Walau memnag kurang efisien sih. Karna alat ini di pasang di terminal kedatangan di Bandara Soekarno Hatta. Sedang orang orang malah jarang melewati alat ini. Huh....mang Indonesia gag pernah tertib. Padahal juga buat kebaikan diri sendiri.

Dan yang baru lagi ni. Flu Babi. Atau Swin Influenza (H1N1). Hmm....awal penyakitnya ci dari mexico. Disana sendiri uda lebih dari 81 orang yang meninggal karena penyakit ini. Bahaya juga yah?? sedang yang terjangkit udah lebih dari 1000 orang.

Penyebarannya uda pe benua eropa juga. Moga aja Indonesia gag ikud ikud kena. Huh....para peternak babi kemaren juga buru buru memberi vaksin ke babi babi mereka. Babi yang mereka anggap uda tua langsung di potong. Dan mereka meminta pada pemerintah untuk gag mengimpor babi dulu. Yah, sejauh ini sih mang Indonesia mang gag terkena virus flu babi setelah kemaren juga para tim dokter memeriksa beberapa peternakan babi di beberapa kota di Indonesia.

Well,,, musti harus lebih extra hati hati ni



Jika Ingin Berlangganan klik disamping untuk berlangganan RSS feed Masukkan Email, atau ikuti kami di Twitter.
Nome: Email:

1 komentar:

1 said... at 28 April 2009 at 19:38

wahhh curanggg...

q lagi mo posting soal flu patkay koq km udah posting duluan ...

Hp km gak aktif dik ??

Post a Comment

Recent Comment